Jumat, 05 Maret 2010

Menjadi diri sendiri

Dalam hidup sehari-hari, kita sering mendengar saran atau ucapan yang mengatakan ingin menjadi diri sendiri. kedengarannya begitu mudah dan indah. padahal, untuk menjadi diri sendiri itu susah. untuk mejadi diri sendiri, banyak yang harus nkita jalani, harus kita lalui.
memahami masa kanak-kanak,sejarah,dan masalalu kita. marah kepada orang tua kita di dalam hati. untuk kemudian memaafkan mereka. menyembuhkan luka-luka emosinal, menghormati bakat-bakat kita. mengakui perasaan-perasaan kita dan memberinya suara. menjelajahi hubungan dan sukses di dalamnya. menemukan pekerjaan,menerima keterbatasan kita, dan melakukan apa yang harus kita lakukan dengan dilahirkan ke dunia.
rasanya, kita tak pernah benar-benar selesai menjadi diri sendiri. kita selalu berada dalam proses menjadi diri sendiri. tapi kita bisa merasakan keindahan proses menjadi diri sendiri.tapi kita bisa merasakan keindahan proses menjadi diri sendiri itu. persilahkan diri kita hari ini untuk memikirkan, dimana tepatnya kita berada dalam perjalanan kita menjadi diri sendiri. apa yang sudah kita kerjakan?kemana tujuan kita?apa yang masih kita tunggu? pandang perjalanan kita dengan penuh syukur dan simpati. karena proses menjadi diri sendiri adalah usaha seumur hidup yang tak kenal henti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar